Translate

Selasa, 27 November 2012

PENGERTIAN METODELOGI PENELITIAN


PENGERTIAN METODELOGI PENELITIAN
Dalam hal ini banyak para ahli mendifinisikan metodelogi penelitian, diantara difinisi yang telah dikemukakan semuanya memiliki cara pandang yang berbeda, tergantung dari segi mana metodelogi penelitian ingin didifinisikan. Berikut ini adalah beberapa difinisi;
1.       Metodelogi penelitian merupakan cabang ilmu logika yang berkaitan dengan perinsip umum dalam menemukan atau mengembangkan pengetahuan (knowledge). Jadi metodelogi penelitian merupakan ilmu yang akan dikaji dan digunakan untuk menemukan pengetahuan yang baru dilihat dari bahasan mata kuliah ini. Pengertian inilah yang dijadikan pondasi dasar pembentukan mata kuliah metodelogi penelitian yang mengantarkan pada tugas akhir dari proses kuliah.
2.       Sebagian para ahli mendifinisikan metodelogi penelitian sebagai sekumpulan peraturan, kegiatan, dan prosedur yang akan digunakan sebagai dasar bagi pelaku ilmu tertentu dalam mengembangkan pengetahuannya. Prinsip ini menyatakan bahwa metodelogi penelitian merupakan aturan yang juga sebagai penentu memperoleh hasil dari apa yang akan dilakukan dalam mengembangkan ilmu tertentu.
3.       Metodelogi penelitian merupakan suatu dasar pembentukan rencana dan rancangan penelitian yang akan dilakukan. Bagi pelaku dan atau calon pelaku penelitian menggunakan istilah metodelogi penelitian sebagai ancang-ancang dalam melakukan penelitiannya. Karena dalam metodelogi penelitian akan dibahas masalah jenis dan desain penelitian yang sesuai yang akan digunakan oleh peneliti.
4.       Metodelogi penelitian adalah suatu penjabararab metode ilmiah secara umum. Dimana penelitian memiliki banyak jenis dan model atau pendekatan. Dimana secara umum sekian banyak jenis maupun pendekatan akan memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mengembangkan suatu ilmu dan pengetahuan maupun yang bersifap penemuan (eksperimental) maupun pengembangan (RD).
Jadi dapat disimpulkan bahwa metodelogi penelitian merupakan sekumpulan aturan dan cara yang akan ditempuh oleh calon peneliti yang akan dijadikan dasar dalam menentukan penelitiannya secara umum yang berorientasi pada metodelogi ilmiah. Dimana prinsip dan proses empiris penemuan dan peragaan yang berkaitan dengan karakteristik penyelidikan ilmiah, yang secara umum melibatkan pengamatan fenomena, formulasi hipotesis, dan penarikan keseimpulan yang berkaitan dengan fenomena yang diamati. Dengan dasar yang sama juga, metodelogi penelitian merupakan eksperimentasi untuk membuktikan kebenaran atau kesalahan hipotesis, dan menarik keseimpulan yang mengkonfirmasikan atau memodifikasi hipotesis.
ASPEK-ASPEK METODELOGI PENELITIAN
Aspek dalam pemilihan metodelogi penelitian ada dua yaitu 1. Tujuan penelitian, dan 2. Sifat masalah yang akan diselesaikan. Sedangkan aspek yang harus diperhatikan dalam menyusun rencana penelitian adalah;
-          Cara pendekatan apa yang akan digunakan?
-          Metode apa yang akan dipakai?
-          Strategi apa yang kira-kira lebih efektif??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar